Selasa, 19 Januari 2016

Pertanyaan Ibu Raslina

Assalamu Alaikum

Saya sementara menyusun dupak untuk bisa naik ke golongan IIId.
Saya ingin meminta tolong, kiranya bapak dapat memberikan penjelasan sekaligus contoh yang dimaksud dengan :
1. Menyusun dan menyebarkan informasi terseleksi dlm bentuk paket informasi tercetak/elektronik
    Apakah bisa mengambil informasi apa saja dari internet yang kira-kira bermanfaat untuk bisa dibagikan ke pengunjung?
2. Melakukan kajian kepustakawanan bersifat sederhana (taktis operasional)

Demikian, besar harapan saya kiranya bapak dapat membantu

Dari Raslina, Pustakawan Muda di Perpustakaan Kab.Enrekang Prop. Sul-Sel

Jawab:

Menyusun dan menyebarkan informasi terseleksi dlm bentuk paket informasi tercetak/elektronik. Apakah bisa mengambil informasi apa saja dari internet yang kira-kira bermanfaat untuk bisa dibagikan ke pengunjung?
Informasi terseleksi (mestinya buletin) adalah kegiatan dimana pustakawan mengumpulkan judul-judul artikel (bisa dengan artikel lengkapnya) biasanya artikel jurnal ilmiah dengan topik tertentu (biasanya spesifik) dan dilayankan kepada pemakai/pemustaka dalam bentuk langganan (bisa mingguan, bulanan, atau triwulanan). Bentuknya bisa tercetak, bisa juga elektronik.

Dari mana saja informasinya? Untuk menjawab pertanyaan ini tidak mudah. Mungkin kita harus melihat tujuan dari dilakukannya kegiatan layanan (penerbitan) informasi terseleksi. Dulu layanan ini dibuat dengan maksud untuk mempermudah pemustaka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa dia melakukan pencarian/penelusuran sendiri ke perpustakaan. Informasi yang biasa dilayankan adalah artikel majalah/jurnal ilmiah. Dengan layanan ini diharapkan para pemustaka (profesor, peneliti) yang sibuk dapat tetap mengikuti perkembangan ilmunya melalui layanan informasi terseleksi yang dilakukan oleh perpustakaan. Setelah berkembangnya komputer/internet dan layanan elektronic journal, maka esensi dari layanan informasi terseleksi tersebut sudah sangat berkurang. Namun karena di Indonesia kemampuan internetnya belum merata, maka layanan ini masih diperlukan. Namun harus diingat bahwa:

- layanan ini dilaksanakan berdasarkan permintaan (langganan) pemustaka. Pustakawan tidak bisa membuat buletin informasi terseleksi ini tanpa ada pemustaka yang membutuhkan.
- layanan ini biasanya berbentuk serial (terbitan berseri). Jika permintaan tersebut insidentil, maka layanan tersebut dikategorikan sebagai layanan penelusuran informasi.
- informasinya (ini menurut saya) adalah berasal dari artikel jurnal ilmiah. Informasi dari internet sudah dapat diakses sendiri oleh pemustaka, maka tidak perlu dibuat layanan informasi terseleksi.

Melakukan kajian kepustakawanan bersifat sederhana (taktis operasional)
Kajian ada yang sederhana dan ada yang kompleks. Kajian sederhana biasanya merupakan penelitian yang bersifat deskriptif tanpa menggunakan uji statistik. Tetapi bukan berarti tidak menggunakan teori-teori statistik. Misalnya statistiknya menggunakan simple random sampling. Penyajian hasil dengan tabulasi tanpa dianalisis menggunakan uji statistik (uji t, uji rank spearman dll).

Demikian jawaban saya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar