Selasa, 19 Januari 2016

Pertanyaan Himawanto

Pertanyaan Himawanto
Saya sedang mengikuti Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli dari tanggal 27 Agustus 2014 s.d 17 Nopember 2014. Apabila tidak ada hambatan, saya sangat berminat sekali untuk menjadi Pustakawan. Mohon perkenan Bapak untuk dapat membantu konsultasi saya sebagai berikut:
  1. Saya sedang menyusun draft/contoh dalam rangka promosi buku hasil pengadaan 2014 sebagaimana terlampir, agar pemustaka di Lemigas mau membacanya.
  2. Saya menggunakan softcopy yang diperoleh juga dari internet, namun seharusnya saya melakukannya terhadap koleksi perpustakaan yang lebih dahulu diadakan, terutama pengadaan hasil 10 tahun yang lalu.
  3. Tahapan dari kegiatan promosi ini adalah : Scanning gambar dan tabel; Memberikan informasi berapa kali disitir oleh penyitir berdasarkan Google Scholar; Menyusun bibliografinya. Konsep ini agar diketahui oleh Pemustaka mengenai reputasi artikel buku yang akan saya promosikan
  4. Ide ini saya peroleh dari Science Direct, dimana konsep promosi yang dikembangkan hanya menampilkan judul buku, tabel, dan gambarnya
  5. Saya berencana akan mengirimkan secara periodic hasil promosi ini melalui email keseluruh pegawai Lemigas dan kemudian mengunggahnya di website perpustakaan Lemigas
  6. Terus terang Pak, hal ini belum pernah dilakukan di perpustakaan kami, saya juga mencari referensi apakah sudah ada perpustakaan lain yang telah melakukannya. Saya mencari referensi juga di Pustaka Deptan di Bogor, namun contoh yang dipublikasikan belum memuaskan bagi saya.
Terkait hal tersebut diatas, mohon kiranya Bapak memberikan nasehat/saran/rekomendasi untuk draft/usulan konsep promosi buku ini.
Jawaban Saya:
Terima kasih sudah mempercayakan pertanyaan Bapak untuk dijawab oleh saya. Terus terang ide Bapak membuat promosi seperti yang Bapak “akan” lakukan adalah baru di kalangan perpustakaan. Setidaknya yang saya ketahui. Oleh karena itu Bapak tidak menemukan contohnya di perpustakaan yang sudah Bapak kunjungi. Begitu juga dalam petunjuk teknis jabatan fungsional dan angka kreditnya Bapak tidak akan menemukan item yang Bapak kerjakan tersebut. Namun Bapak jangan khawatir. Terobosan yang Bapak lakukan ini sangat berguna bagi pemustaka. Saya kira angka kreditnya dapat dicari padanannya. Misalnya apakah dipadankan dengan membuat review dari sebuah buku atau membuat abstrak informatif. Yang penting Bapak lakukan adalah pekerjaan ini harus dikomunikasikan dengan tim penilai yang akan menilai berkas DUPAK Bapak. Jangan sampai apa yang Bapak kerjakan dan AK diusulkan, tidak diterima oleh tim penilai. Pengalaman saya melakukan penilaian terutama di tingkat instansi saya sering membuat kebijakan seperti itu (mencarikan padanan) terhadap pekerjaan yang tidak ada dalam daftar AK di Kepmenpan, namun dikerjakan oleh pustakawan dan tentunya sangat bermanfat bagi pemustaka sebagai stake holder.
Sementara demikian pendapat saya Pak. Jika masih ada pertanyaan, jangan ragu-ragu disampaikan saja kepada saya. Insyaallah kalau saya mampu, saya akan menjawabnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar